Saturday, November 26, 2011

Inilah Foto Satelit 'Piramida' yang Ada di Garut

http://nasional.inilah.com/read/detail/1800074/inilah-foto-satelit-piramida-yang-ada-di-garut

Headline


INILAH.COM, Jakarta - Staf Khusus Presiden bidang Bencana Alam dan Bantuan Sosial Andi Arief mengatakan, di Desa Sadahurip dekat Wanaraja Kabupaten Garut, Jawa Barat, ditemukan sebuah bangunan purba yang terkubur.
Andi Arief menjelaskan tim katastropik purba telah mendapatkan gambaran bentuk bangunan tersebut seperti piramida, melalui foto satelit IFSAR, geolistrik, dan berbagai survei.
Umur bangunan yang terpendam diduga lebih tua dari Piramida Giza, Mesir. Tim katastropik purba telah meneliti secara intensif dan uji "karbon dating untuk memperkirakan umur bangunan itu.
"Kita sudah pastikan bangunan itu bentuknya mirip piramida. Ditengarai ada satu pintu untuk masuk ke bangunan tersebut, kita terus lakukan penelitian," kata Andi Arief kepada INILAH.COM, Kamis (24/11/2011).
Sekadar catatan, Piramida Giza selama ini dikenal sebagai piramida tertua dan terbesar dari 3 piramida yang ada di Nekropolis Giza.
Tim Katastropik Purba akan terus berkoordinasi dengan bidang kepurbakalaan, antropologi, arkeologi, pakar budaya, ahli sejarah dan lainnya. Disamping itu, juga akan terus berkoordinasi lintas ilmu kebumian sehubungan dengan temuan-temuan sejarah bencana-bencana lokal dan global untuk dicari mitigasinya. [bar]

No comments: