Wednesday, May 06, 2020

SI CANTIK MOROWALI

https://threadreaderapp.com/thread/1257987751992942592.html
Profile picture
thread by Nita @__MV_llestari__
Apa yang akan kita pikirkan bila ditahun 2025 nanti ada 1000 mobil listrik dapat diproduksi setiap harinya dan itu baru dari Morowali saja?
Image
Mau tak mau ada rasa bangga disana. Entah itu hanya sedikit dan terselip jauh dalam benak kita, namun rasa itu pasti ada.

Bagaimana bila 1000 mobil listrik perhari yg dapat kita produksi itu ternyata mendekati angka 20% total produksi yg dapat dihasilkan dunia?

Waaah..., mentereng kita...!!

Apa yang akan kita pikirkan bila pada tahun 2025 nanti akan ada lebih dari 100.000 orang dapat bekerja di Morowali?

Jelas..,ini adalah berita yg sangat menggembirakan bagi masyarakat. Ini berita yang akan membuat semangat, bahwa kita akan bangkit.

Image
Lantas bagaimana bila diantara 100.000 tenaga kerja yang dapat diciptakan di Morowali ada sekitar 15.000 adalah pekerja asing dan kebanyakan adalah China?

PKI...!! TOLAAAAK..!!

Itulah realitas yang ada.

Aneh bin ajaib, kita buka bengkel service motor di kampung sebelah syaratnya bengkel boleh dibangun, tapi pekerjanya kudu warga kampung itu. Bangkrut dah...!!

Ada yg namanya proses transformasi keahlian disana. Gak semua orang kampung bisa dan mau bekerja sebagai mekanik.

Image
Alih kepandaian ini pasti butuh waktu.

Disisi lain, pasti ada bagian-bagian tertentu yang tak mungkin diberikan kepada orang lokal dan itu adalah sebuah kewajaran.

Sebelum Jokowi menjadi Presiden, Morowali mungkin adalah nama asing.

Mungkin juga bahkan banyak orang tak mengetahui bahwa itu adalah nama sebuah kota.

Hingar bingar pertama adalah isu luar biasa santer saat pilpres yang lalu tentang ribuan TKA China demi kampanye negatif bagi Jokowi.

Image
Sekarang cerita sudah berbeda. Semua kenal Morowali seolah sebagai ujung tombak kemajuan negara kita. Nikel menjadi bintang bersinar.

Bayangkan, seorang Elon Musk, pendiri Tesla dan CATL berkongsi dengan LG, VW hingga Mercedez menyatakan keinginannya berinvestasi di Morowali. 
Elon Musk sang Iron Man didunia nyata pemilik Tesla kepincut dengan Morowali. Disana ada harta berharga milik rakyat Indonesia yang mampu membuat Elon Musk berlutut, seolah menggenggam seikat mawar, dia meminangnya.

Dulu, Morowali memang bukan siapa-siapa.
Image
Semua menoleh kepadanya setelah dia didandani dengan Undang-Undang No.4 tahun 2019. Peraturan yang melarang penjualan nickel ore, nikel dalam bentuk bongkahan yang belum mendapat sentuhan apapun.

Peraturan itu membuat Uni Eropa (EU) marah dan menggugat Indonesia di WTO. 
Indonesia bergeming. Tekad mempercantik Morowali sudah bulat.

Disanalah Morowali mulai didandani. Bak si cantik tanpa tanding, dia hanya siap bersanding dengan siapapun yang serius dan sungguh-sungguh demi masa depannya.
Image
Didandani dengan regulasi dan insentif pajak yang menguntungkan kedua pihak secara adil, puluhan pangeran berebut mendapatkan perhatiannya.

Plintat plintut kamu...! Kalau Elon Musk yang investasi kenapa yang datang dan kerja China haa..??
Sama dengan Indonesia saat ini yang akan belajar menerima transfer tehnologi dari China, China mendapatkan pengetahuan tentang metalurgi dan permesinan dari Jerman.

Elektronika dari Korea dan Jepang.

Tehnik pertambangan dari Israel.
Image
Tak ada yang gratis disana, semua ada biayanya. Semua ada hitung-hitungannya. Ada bentuk kerjasama yang telah menyatukan mereka.

Mereka melakukan bisnis dengan banyak negara yang telah lebih dahulu maju. Mereka memiliki banyak perusahaan yang dimiliki secara bersama.
Bisnis tak kenal warna kulit.
Duit juga tidak mengenal mata sipit dan belo.

Hanya otak sakit saja yang masih sibuk dengan hal seperti itu dimasa kini.
Image
Baik Tesla, Mercedes, VW hingga LG adalah perusahaan multinasional. Mereka memiliki perusahaan di China dengan operator China dan pekerja berbangsa China pula. Apakah setiap orang bermata sipit dan berkebangsaan China selalu membawa bendera Tiongkok?
"Apa hebatnya kalau yang dibuat hanya baterai mobil?" hanya baterai mobil?"
Banyak pabrik di China yang akan dan sedang melakukan relokasi ke Morowali. Morowali sungguh menjadi seperti gula bagi para pelaku industri.
Morowali seolah sedang menuju takdirnya sebagai bintang baru di dunia industri berteknologi tinggi.
Image
Stainless steel, slab, nickel pick iron, verro chrome, carbon steel dan CRC Carbon atas berbagai ragam produk industri berbasis nikel dan bauksit adalah produk yang akan dibuat oleh pabrik yang telah siap relokasi. 
Produk olahan cobalt serta lithium kan dijadikan sbg bahan baku pembuatan baterai utk kendaraan listrik.
Nikel Laterit utk memenuhi kebutuhan lithium generasi kedua yakni generasi yg kedua baterai super canggih berbasis lithium yg akan mjd produk unggulan berskala internasional
Image
Dan ingat...itu buatan Indonesia.

Dan..., salah satu pabrik pembuat microchip sebagai mata rantai dunia pemasok kebutuhan tehnologi super canggih utk Samsung, Apple Mercedes, hingga Airbus pun telah siap memilih Morowali sebagai rumahnya.

Ini seperti mimpi.
Kebijakan pemerintah dibawah Jokowilah yang membuat semua ini bisa terwujud. Insting bisnis dan mata jelinya siap membawa bangsa ini maju dengan sangat pesat.
Image
Nikel sabagai harta luar biasa berharga sebagai anugerah bangsa ditambah dengan regulasi dan insentif yang dijadikan kebijakan telah membuat mereka berlomba.
Pemulihan ekonomi akibat bencana seolah menemukan jalan terang. Disana jalur itu semakin terlihat jelas. Kita hanya perlu mengikuti jalan itu...

Siapkah kita?
Image


No comments: