Sunday, April 08, 2012

Manusia, Penyumbang Bakteri Terbesar

http://www.metrotvnews.com/read/news/2012/04/06/87661/Manusia-Penyumbang-Bakteri-Terbesar/11
Jumat, 6 April 2012 16:36 WIB





TAHUKAH Anda, manusia merupakan penyumbang nakteri terbesar di dunia? Masing-masing orang menambahkan 37 juta bakteri setiap jam. Nah, bayangkan berapa banyak bakteri di sekitar kita saat ini.

Pada abad 18, seorang dokter asal Skotlandia, mengatakan debu bisa menghancurkan manusia lebih dahsyat ketimbang bubuk mesiu. Ia sebenarnya tak yakin dengan pernyataannya itu. Tapi ia sadar kejadian itu 100 persen nyata.

Seorang perofesor di bidang teknik lingkungan dari Yale University, Jordan Pecchia, mengatakan kita hidup dalam 'microbial soup'. Sebagai mikroorganisme, kita jarang membersihkan rumah. Sehingga banyak debu yang menempel di lantai dan menjadi sumber bakteri. Padahal kita kerap beraktivitas di rumah.

Pecchia membutuhkan waktu delapan hari menganalisa dan menghitung jumlah partikel biologis itu di lantai dasar auditorium universitas. Ruangan itu dikosongkan selama empat hari. Jendela dan pintu tidak dibuka selama eksperimen berlangsung. Tapi sistem HVAC tetap beroperasi secara normal.

Dari eksperimen tersebut, peneliti menyimpulkan konsentrasi bakteri dan jamur dengan berbagai ukuran meningkat secara signifikan di dalam kelas. Menurut Pecchia, sekitar 18 persen dari seluruh emisi bakteri yang diproduksi manusia. Empat dari dari 15 jenis bakteri paling umum termasuk Propionibacterineae. Bakteri jenis itu ditemukan di kulit manusia.

Pecchia mencatat manusia 'menerima' bakteri pemicu berbagai penyakit terutama dari udara yang mereka hirup dalam ruangan, bukan di jalan. 

Jadi, membersihkan ruangan lebih sering akan menjadi langkah awal yang lebih baik. Menurut data statistik, 90 persen waktu orang Amerika dihabiskan di dalam ruangan, baik rumah maupun kantor.

No comments: