Saturday, June 08, 2013

Capt. Budi Suhardi: Fakta di Balik Senyuman Tulus Pramugari

https://www.facebook.com/budi.soehardi/posts/10152929029320691

Ketika bepergian dengan pesawat-entah itu low-cost, penerbangan domestik, internasional apa pun namanya-kamu akan bertemu perempuan berseragam dan menyambutmu dengan senyum ..

Kamu tidak pernah tahu:
Mereka dilatih masuk hutan & brenang d laut untuk menolongmu dalam kondisi terburuk,


Kamu tidak pernah tahu:
Mereka membagikan makanan untuk kamu, setelah itu baru dia makan untuk dirinya


Kamu tidak pernah tahu:
Untuk cabin crew yg muslim .. Mrka lebih sering tayamum dr pda wudhu .. mrka shlat dngn duduk. D jump seatnya seolah baru sakit .. Mrka shlat tak tentu wktu krna mrka berpindah2 sngat cepat .. Mereka shlat tak tentu arah ka'bah .. Inilah keterbatasanku dlam pncarian nafkahku .. Bahkan antara aku & Sang Penciptaku ..


Kamu tidak pernah tahu:
Saat pesawat panas karna AC error mereka jga kepanasan bkn hanya kamu .. Jadi berhentilah menggerutu pada mereka


Kamu tidak pernah tahu:
Mereka hari ini sudah menjalani 6x flight yang delay dngn pnumpang yg menggerutu dan tetap harus tersenyum .. Senyumnyalah senjatanya

Kamu tidak pernah tahu:
Macam "pnumpang yg naik d pesawat .. Dari kantor smp tukang sol sepatu .. Dari yg diam, berisik smp yg jail sekalipun dy harus menegur dng senyum & sopan ..

Kamu tidak pernah tahu:
Berapa kali mereka d goda penumpang dlam sehari .. Dr anak muda bau kencur smp orang tua bau tanah .. & Mereka harus tetap berlaku ramah, menghindar dng halus walou hasrat hati ingin melempar sepatu ke mukanya ..

Kamu juga tidak tahu:
Mereka bisa mengatasi pnyakit jantung, asma, dll membantu persalinan .. mengoperasikan emergency equipment .. Mengatasi teroris .. Menjinakkan bom dll karna d pesawat cma mereka yg bisa kalian andalkan maka pelatihan extra di berikan pada mereka .. Kamu tidak pernah tahu: Mereka berdoa supaya semua lancar selama penerbangan, meraka jga bisa pulang dngn selamat Kadang kamu melihat mereka tersenyum sejak take-off sampai landing,

Dan kamu tidak tahu,
Jauh di dalam hatinya, mereka menangis rindu keluarga &
Memikirkan ayah bundanya yg smakin menua ..

Kadang kamu melihat mereka dengan barang bermerek,
Padahal mereka berbelanja karena berusaha melupakan segala rasa kangen utk pulang ke rumah krna terhalang tugas ..

Kadang kamu lihat mereka berjalan tergesa-gesa di pintu terminal,
Yang kamu tidak tahu: mereka pengen harinya cepat berlalu, segera besok, dan hari selanjutnya, menjadikan sehari lebih dekat dengan cuti tahunan mereka .. Ini melelahkan & menjemukan jauh dr keluarga ...

Kadang kamu lihat mereka duduk di jump seat, ketika selesai service, mereka tidak juga memejamkan matanya ..
Kamu tidak tahu: mereka sangat mengantuk, sampai mereka bisa tidur tanpa harus memejamkan mata .. Mereka menjalani flight pagi buta bhkan ayam pun belum berkokok .. Atopun flight tengah malam barengan ma kuntilanak cari makan ..

Kadang kamu protes karena tidak ada pilihan untuk makan siangmu,
Kamu tidak pernah tahu: mereka pun pengen memenuhi keinginanmu, tapi mereka tidak mampu berbuat apa-apa. Karna tak smua ada di sini .. Ini pesawat bukan hotel berbintang .. Mereka front liner yg kena omelan kalian ..

Kadang kamu minta mereka membawakan tentenganmu ke bagasi d atas tempat duduk:,
Kamu tidak tahu: mereka tidak diijinkan melakukannya .. di samping itu mereka cewek .. Gimana kalau semua penumpang meminta hal yang sama?
Maaf .. Mereka pramugari bukan kuli ..

Dan kamu tidak pernah tahu, Mereka sangat berharap ada di posisi sepertimu: Bepergian dengan keluarga, duduk di samping orang yang disayang .. Duduk bersebelahan dng kekasih utk berangkat liburan,, Naik pesawat untuk pulang mudik lebaran, natal dan sebagainya, karna mereka tak seberuntung kamu Ketika mereka melihat ke luar pesawat, Mereka ingin apa yang terjadi di luar sana .. Karna 70% waktunya di habiskan dalam burung besi itu ..

Bukan hanya tinggi cantik, smart & body bagus, salary tinggi .. Breakfast di Medan, lunch di Singapura, numpang pipis di Denpasar. Dinner di Makasar dan tidur di Sydney .. Ini tentang hati .. Ini tentang social time yg terenggut .. Ini tentang profesionalitas ..


Tersenyum atas nama profesionalitas .. Mau tulus atau palsu bkn menu pokoknya ..

No comments: