Thursday, August 27, 2020

Kuliner Pecel.

 https://www.facebook.com/didik

Didik Sunardi

Saya penggemar nasi pecel. Selain nasi rawon, kota Malang dikenal juga sebagai center of excellence untuk kuliner nasi pecel, cwiemie dan bakso.
Di Malang juga ada beberapa aliran nasi pecel .
Yang harus dicoba kalau sampean jalan2 ke kota Malang ada beberapa tkp. "Dont leave Malang without savouring it"
1. Pecel Panderman. Ini Pecel gerobak tapi saking uenaaknya yg ngantri sampe rebutam jadi akhirnya didepan SMPK Pandermaan sampe dijejer 2 gerobak pecel. Tempat ini jadi tempat reuni gak sengaja karena hampir setiap arema yg kwrja diluar daerah kalau pulang Malang selalu sarapan ditempat ini. Kalau mau nyoba ati2, sering jam 9 sudah kukut abis.
2. Pecel Rajegwesi. Ini warung klasik sejak jaman kodok jenggoten sudah buka dan bertahan rame karena memang rasanya pas dan harganya enteng dikantong.
3. Pecel Kawi ... ada yg fanatik sama pecel ini, tapi ditempat ini saya lebih suka Nasi Bok nya? Oges Arudem yg top.
Pecel nya di lidah saya kurang menggigit.
4. Pecel Pasar Klojen. Pasar2 tradisional di Malangbterkenal bersih dari jaman mbah2 saya meakipun jaman segitu belum ada pasar modern. Ditengah pasar Klojen ini ada warung Pecel yg lumayan banyak pengikutnya.
......
Nah? Dulunya saya pikir Malang top pecelnya gak ada yg ngalahin .. sampe suatu hari saat saya dg anak2 MASTRIP berkunjung dan bikin acara di Blitar. Disini saya baru melek bahwa soal pecel Blitar memang gak kalah seru.
Di foto ini kami diajak tuan rumah sarapan pecel di Warung Mbok Sani. Warungnya agak kepinggir. Setelah pesan dan ngantri sebentar .. pecel datang dengan teh manis ... alamaaaak raasane. Mbok mbok mbok .. ueannnak tenan. Rempeyek nya lebar2 pating kemrungkel, tapi saat digigit renyahnya bukan main.
Bumbu nya campuran rasa gurihnya bumbu kacang, manis dan asin yg pas dan dikombinasikan dg kecutnya asam jawa .. sambal pedas pake nasi panas dan teh nasgiteln(panas legi kentel)
Saya dan sahabat saya bos MASTRIP.. Mbak
Destry Damayanti
sampe nambah 2 porsi.
Pecel Blitar memang istimewa. Layak disebut pecel terenak di pulau jawa.
Udah pada nyoba? Pengen dan mau?







No comments: