WARTA BERITA RADIO NEDERLAND WERELDOMROEP
Edisi: Bahasa IndonesiaIkhtisar
berita disusun berdasarkan berita-berita yang disiarkan olehRadio Nederland Wereldomroep selama 24 jam terakhir.----------------------------------------------------------
Edisi ini diterbitkan pada:Kamis 26 Oktober 2006 14:20
* INDONESIA MEMBELI PESAWAT TERBANG ISRAEL
Indonesia berniat membeli empat pesawat terbang tak berawak buatanIsrael, The Searcher Mark II, lewat sebuah perusahaan Filipina. Empatpesawat itu berharga enam juta dolar. Indonesia tidak mempunyaihubungan diplomatik dengan Israel, namun akan membeli pesawat Israelitu lewat Kital Philippines Corporation. Penawaran Israel itumengungguli 42 penawaran lainnya dari seluruh dunia, antara lain dariRusia dan Belanda.
* PEMBUATAN KAPAL PERANG UNTUK INDONESIA
Mayoritas anggota parlemen Belanda menyetujui pembuatan dua kapalperang jenis korvet untuk Angkatan Laut Indonesia, oleh galangan kapalDe Schelde. Partai Kristen Demokrat CDA, Partai Konservatif VVD danPartai Buruh PvdA mendukung rencana pemerintah Belanda mengekspor duakapal itu ke Indonesia. Partai-partai beraliran kiri seperti PartaiSosialis SP dan Partai Hijau GroenLinks menentangnya, sebab merekakhawatir dengan pelanggaran hak-hak azasi manusia di Indonesia.Angkatan Laut Indonesia membutuhkan kapal perang itu, untuk memerangipenyelundupan senjata internasional, dan peningkatan aksi perompak diSelat Malaka.
* AUSTRALIA TERKEJUT DENGAN UCAPAN IMAM
Australia terkejut dengan ucapan imam Taj Din al-Hilali dari mesjidterbesar di Sydney, yang menyatakan, wanita muslim yang terlihat dijalanan tanpa kerudung kepala mengundang pemerkosaan terhadap dirinya.Sang imam menyamakan wanita tanpa kerudung kepala dengan segumpaldaging tanpa bungkus. "Bila daging tanpa bungkus itu terletak dijalanan dan dimakan kucing, kesalahannya bukan terletak pada sangkucing." Komisaris anti diskriminasi Australia, Pru Goward, murka danmenganggap sang imam mesti diusir dari Australia. Menurut Goward,khotbah imam itu memarakkan kekerasan terhadap wanita. Ini bukanpertama kalinya imam Hilali menimbulkan sikap kontra di Australia. Duatahun lalu sang imam berujar, bahwa teror 11 September di AmerikaSerikat adalah karya Allah.
* SYARIAH DI INDONESIA
NRC Handelsblad menyajikan kolom lain, yaitu syariah di Indonesia.Kolom itu menarik, sekaligus dapat membuat kita bingung sendiri. Disatu pihak kita dengar ada hukuman cambuk dan potong tangan, di lainpihak ada suara yang mendukung syariah sebagai solusi yangmencerahkan. Indonesia, negara dengan 200 juta muslim moderat, justrusibuk menerapkan syariah. Aceh, Jawa, Sulawesi, semuanya sibukmerangkul syariah.Di Tangerang ada syariah, namun hukuman cambuk diubah menjadi hukumandenda. Walikota Tangerang disayangi rakyatnya, berkat syariah itu. DiMakassar idem dito, syariah diterapkan, bahkan dengan dukungankalangan Hindu dan Katolik. Sistimnya win-win situation mirip di jamankolonial dulu "larangan minum alkohol buat muslim, suguhan angguruntuk umat Katolik." Di Aceh, syariah diberlakukan terhadap tiga hal:selingkuh, judi dan minuman keras. Hukuman cambuk di Aceh amat marak,tapi hukuman cambuk bukan monopoli syariah saja, bukan? Singapura jugamenerapkan hukuman cambuk, malah menganggapnya sebagai hukuman yang efektif.Satu-satunya efek negatif yang dirasakan di Indonesia adalahdiskriminasi terhadap kaum perempuan. Perempuan bisa dihukum bilatidak mengenakan kerudung kepala. Seorang wanita di Tangerang yangtelah menikah dan sedang hamil, ditahan semalaman di kantor polisidengan tuduhan melakukan praktek asusila. Pemerintah Daerah diajukanke pengadilan dan prosesnya masih berjalan. Aktivis perempuan Makassaryang berjilbab tidak setuju syariah. "Itu adalah masalah perilakuperorangan, bukan masalah hukum pidana," katanya. Dan yang penting,tidak boleh merugikan kaum perempuan.Demikian harian NRC Handelsblad dan demikian pula Tinjauan Pers hari ini
* DERADIKALISASI MUSLIM EKSTRIM DIPERKENALKAN DI BELANDA
Kelompok Muslim radikal yang menyesali gaya hidup radikalnya dan akhirnya kembali ke ide-ide moderat: Apa yang disebut kaum Muslim yang terderadikalisasikan ini tidak menarik perhatian di Belanda.Mengherankan, karena jalan keluar atas masalah radikalisme justru bisa dicari di kalangan yang menyesali pilihannya itu. Sejarawan IslamBelanda Roel Meijer bertutur mengenai orang-orang di negara-negaraArab yang menyesalkan pilihan mereka. Fenomena ini sudah lama dikenaldi sana. Lebih jauh laporan redaktur internet Arab, Michel Hoebink.Menurut Roel Meijer, sejarawan pada Universitas Radboud di Nijmegen,Eropa seharusnya belajar dari negara-negara Arab soal kalangan muslimradikal dan orang-orang muslim yang kembali menjadi moderat. Meijerterutama menunjuk pada Mesir. Sejak pertengahan tahun 1980an, dinegeri ini sebagian besar pemimpin Islam yang menganggap agama mereka sebagai agama kekerasan, bertobat dalam masa tahanan dan memeluk doktrin revisionis moderat.Tahun 2002, para pemimpin Jam'aat Islamiyya, gerakan radikal Islamterpenting di Mesir, dari penjara mengumumkan mereka bersumpah tidakakan menggunakan kekerasan lagi. Alasan mereka sangat pragmatis.Para pemimpin menunjukkan bahwa jihad kekerasan terhadap Mesir, yangberlangsung bertahun-tahun ternyata tidak membawa hasil. Jihad tidak menjadikan Mesir negara Islam idaman. Selain itu juga tidakmenghasilkan penyebaran agama Islam yang lebih luas. Kendati demikian,penolakan kekerasan itu dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip Islam.Ajaran radikal takfir, yang mengijinkan penggunaan kekerasan terhadapkalangan muslim lain setelah mereka disebut kafir, ternyataditinggalkan. Negara, yang sebelumnya dianggap 'musuh intern' dankarena itu diperangi, kini diakui sebagai wakil legitim kaum Muslim,yang patut dipatuhi.Setelah pembunuhan spektakuler Presiden Anwar Sadat tahun 1981,sebagian besar pemimpin gerakan radikal Mesir dipenjarakan. Generasimuda Jama'at Islamiyya terus membangun negara di dalam negara diMesir, yaitu di pedesaan di Mesir Selatan dan wilayah pinggiran Kairo.Kaum radikal melancarkan serangan terhadap wisatawan dan kalangan minoritas Kristen Koptis. Sejak 1990 mereka terlibat konflik denganpemerintah Mesir, yang menewaskan ratusan jiwa.Di penjara, mereka yang disebut pemimpin bersejarah ini, mengalamiperkembangan sebaliknya. Mereka semakin moderat dalam pendiriannya dantidak mendukung pertikaian bersenjata yang sudah tak terkendali. Sudahsejak 1993, mereka berupaya bertindak sebagai penengah dalam konflikantara pemerintah dan pendukung mereka, guna mengakhiri kekerasan.Semula, pemerintah Mesir tidak tertarik. Tapi ketika menjadi jelasbahwa kelompok radikal telah ditaklukkan dan pemerintah akhirnya harusmenghadapi masalah 30 ribu tahanan politik, maka tiba waktunya untukrujuk.Tahun 1999, dua tahun sebelum serangan di New York, Jama'at Islamiyyaresmi melepaskan kekerasan. Tahun 2002 para pemimpin dengan ide-iderevisionisnya menerbitkan empat buku dan serangkaian wawancara hebohdengan majalah pemerintah al-Musawwar. Mereka juga menerbitkan tigabuku lain. Di dalamnya mereka resmi menyangkal doktrin Al Qaeda yangmembenarkan jihad kekerasan.Deradikalisasi para pemimpin Jama'at Islammiyya jelas merupakan hasilindoktrinasi pemerintah. Kalangan cendekiawan moderat dikirim kepenjara untuk berbicara dengan pemimpin-pemimpin radikal dan memberimereka bacaan Islam mengenai jihad dan hal-hal sejenis.Apa yang bisa dipelajari Eropa? Menurut Roel Meijer, sejarah Jama'atIslamiyya Mesir membantah gagasan paranoia orang Barat bahwa denganmenjadi radikal maka Islam telah menunjukkan wajah aslinya.Radikalisme adalah sebuah pilihan yang selalu ada pada setiapideologi. Dan di dalam agama Islam, kaum radikal tidak bersikap laindaripada sosialisme, misalnya.Sejarah Jamaat Islamiyya menunjukkan bahwa pilihan untuk menjadi Islamradikal, sama seperti pilihan menjadi radikal dalam ideologi-ideologilainnya dan itu tidaklah tetap sifatnya. Itu juga berubah-ubah. Orangbisa meninjau kembali pilihannya. Seringkali ini hanya dorongan hatisementara pada kalangan muda yang cepat naik pitam. Radikalisme jugasering ditinggalkan begitu saja, seperti pada awalnya juga dirangkulbegitu saja. Ini terjadi apabila situasi berubah. Ketika itu terlihatbahwa ideologi atau agama bisa dijelaskan secara berbeda dansebenarnya menentang penggunaan kekerasan. Hal serupa terjadi padapara pendukung Tentara Merah RAF dari Jerman dan Brigade Merah Italiayang pada tahun 1970an membunuh politikus Italia Aldo Moro. Setelah 30tahun membaca banyak buku, mereka keluar dari penjara dengan menyesali pilihan radikal itu.
* BELANDA SETUJUI KORVET UNTUK INDONESIA
Galangan kapal De Schelde di Vlissingen, Belanda Selatan, diijinkan menjual dua kapal korvet kepada Angkatan Laut Republik Indonesia.Persetujuan parlemen yang dibutuhkan untuk mengekspor senjata didukungmayoritas partai pemerintah CDA (Kristen demokrat) dan partaikonservatif VVD. Partai oposisi sosial demokrat PvdA juga mendukungkeputusan pemerintah Belanda mengeluarkan ijin penjualan kapal korvetini. Dengan demikian muncullah mayoritas anggota parlemen. Laporanredaksi di Hilversum.Keputusan menjual korvet kepada Indonesia ini adalah hasil debatantara pemerintah yang diwakili oleh Menteri Luar Negeri Ben Bot danMenteri Muda Perdagangan internasional Karien van Gennip denganparlemen Belanda. Di Belanda penjualan penjualan perlengkapanpertahanan harus memperoleh persetujuan parlemen. Indonesia akanmenggunakan kapal berkecepatan tinggi ini dalam aksi melawan bajaklaut di Selat Malaka dan penyelundupan senjata.Dua partai oposisi kiri: SP atau partai Sosialis dan GroenLinks atauKiri Hijau menentang. Keduanya belum yakin kapal korvet ini tidak akandimanfaatkan oleh pemerintah Indonesia untuk melanggar hak-hak asasimanusia. Juru bicara partai Sosialis SP Harry van Bommel:Harry van Bommel: Sudah jelas kapal korvet tidak pas untuk perang lautbesar-besaran. Kalau kita bicara soal pelanggaran hak-hak asasimanusia, persenjataan ringan dan pengangkutan personil militer, makakorvet adalah kapal yang bisa dimanfaatkan untuk melanggar hak-hakasasi manusia. Dan di masa lalu kapal-kapal ringan juga dimanfaatkanuntuk pelanggaran hak-hak asasi manusia. Jadi pemerintah janganmengatakan korvet tidak cocok untuk dimanfaatkan untuk melanggarhak-hak asasi manusia.Menteri Luar Negeri Belanda Ben Bot menolak pendapat opisisi kiri ini.Ben Bot: Indonesia punya cukup kapal untuk mengangkut pasukan. Sayatidak percaya mereka melakukan hal ini. Dan yang penting, kapal korvetjustru tidak cocok untuk dimanfaatkan sebagai kapal pengangkutpasukan. Pasalnya kapal ini kecil, anda saya undang untukmengunjunginya dan bisa menyaksikan betapa kecilnya kapal ini.Ditambah lagi dengan persenjataan ringan dengan meriam 176 milimeteryang mustahil bisa digunakan untuk melanggar hak-hak asasi manusia.Selanjutnya senjata lainnya hanya bisa dipakai untuk bela diri.Partai oposisi kiri terbesar, partai sosial demokrat PvdA, memintajaminan dalam ijin penjualan yang menyebut bahwa kapal korvet initidak akan digunakan oleh tentara Indonesia untuk melanggar hak-hakasasi manusia. Namun usul ini ditolak oleh Ben Bot, yang menganggapkurang pas untuk menuntut hal ini kepada Indonesia, padahal Belandasudah membangun hubungan harmonis dengan Indonesia selama tahun-tahunterakhir ini."Boleh saja kita kritis, tetapi penting juga untuk sesekali memberikepercayaan", demikian menlu Belanda Ben Bot, yang menambahkan kontrolpersyaratan ini susah sekali. Menurut Ben Bot presiden Susilo BambangYudhoyono bekerja keras mewujudkan reformasi antara lain di tubuhmiliter. Memang situasi dan kondisi di Papua belum seratus persenbagus namun Indonesia berusaha memperbaikinya dengan serius. Botberjanji, setelah penyerahan kapal-kapal korvet ini akan tetap aktifberembuk dengan Indonesia ihwal pelanggaran hak-hak asasi manusia.
* TARIAN DARWISH BERPUTAR MENYEBAR CINTA,SERAYA MENOLAK KEKERASAN
Pengantar: Islam adalah agama kedamaian, sama seperti agama lain. Tapi kedamaian Islam kerap tercoreng oleh pelbagai aksi kekerasan, mulaidari penggerebekan kafe, penutupan tempat ibadah agama lain danpeledakan bom. Ajaran sufisme mencoba menguatkan kembali pandanganIslam sebagai agama damai, santun dan ramah. Salah satu bentuknyaadalah tarian yang melibatkan putaran tubuh dan lantunan dzikir.Wartawan KBR68h Budhi Kurniawan mengajak kita berkenalan dengan tarianDarwish Berputar, dalam laporan berikutSuasana pujianMenarilah! Maka sang sufi pun menari, diiringi puji-pujian kepada Tuhan.Suasana pujianMereka sebut tarian itu The Whirling Darwish, atau Darwish Berputar.Darwish adalah sebutan para pengikut Jalaluddin Rumi, ahli sufi terkenal. Ya, para darwish itu memang berputar-putar berlawanan denganarah jarum jam. Semakin keras lantunan pujian, semakin cepat pulagerak putaran seorang darwish. Semakin keras lagi, semakin cepat lagiputarannya.Saat berputar, darwish merentangkan kedua tangan. Tangan kanan keatas, sedangkan tangan kiri ke bawah. Mereka mengenakan baju putihyang lebar bagian bawahnya, seperti rok kaum perempuan. Mereka jugamengenakan topi yang memanjang ke atas, khas para Darwish. Saat paraDarwish menari berputar, berkibarlah baju bagian bawah mereka,menjadikannya indah, sedap dipandang mata.Arif Hamdani, Presiden Direktur Rabbani Sufi Institut Indonesia.Arief Hamdani: Jadi ketika tangan kanan ke atas menyalurkan hidayahdari Allah. Disebarkan melalui tangan kiri. Dari hidayah kemudiandisebarkan ke seluruh umat. Untuk ketika yang berada dalam lingkaran,di seputar dzikiran nanti ruhnya akan terasa, akan tergerak.Tarian Darwish Berputar ini diciptakan oleh sufi terkenal, JalaludinRumi, untuk mengungkapkan cinta kepada Tuhan.Arif Hamdani: Cinta ilahi. Hingga kini, Maulana Jalaludin Rumibuku-bukunya menarik banyak orang untuk mengenal Allah. Jadi MaulanaJalaludin Rumi tidak dibatasi agama, ras. Sufisme dari dulu selalumenjembatani antara Islam dengan non-Islam, antara ulama denganseniman, antara ulama dengan masyarakat umum.Jalaludin Rumi adalah penyair sufi dari Persia yang hidup pada abadke-13. Ia terkenal tak hanya di Timur tapi juga di Barat.Karya-karyanya yang berupa puisi banyak disukai kalangan akademikAmerika dan Inggris, sejak dulu. Kepopuleran terjemahan puisi sufiRumi menarik minat banyak seniman. Di antaranya adalah penyairAmerika, Coleman Barks, serta diva pop dunia, Madonna.Melalui tarian berputar yang diciptakannya, Rumi hendak menyebarkancinta pada sesama manusia. Itulah inti ajaran sufisme: cinta. Karenaitu, tarian sufi Darwish Berputar tidak cuma dilakukan orang Islam,tapi boleh juga dimainkan penganut agama lain di luar Islam.Arif Hamdani soal agama-agama di mata Jalaludin Rumi.Arif Hamdani: Jalaluddin Rumi mengatakan yang mengatakan engkau Islam,Yahudi, itu manusia. Bagi Allah, semuanya sama. Rumi mengenalkan Islamyang penuh cinta, penuh toleran, yang saat ini demikian kering.Sufisme ini tasteful. Dia menari, bermain musik, menulis, melukis, dansebagainya. Harusnya Islam itu penuh toleransi, penuh cinta. Saat inicinta ini telah hilang, mereka saling menyakiti. Islam yang kerasmenyakiti hati muslim yang toleran.Karena itulah Rumi mengajak umat Islam untuk menari. Menari dalam danuntuk cinta.Salah seorang penari Darwish Berputar ini bernama Micki. Bagi Micki,tarian itu digerakkan oleh cinta yang dalam kepada sang Pencipta, NabiMuhammad dan guru-guru mereka. Karena itu ia mengaku tidak pernahmerasa pusing atau lelah, meski sudah menari berputar lebih dari satu jam.Micki: Yang menggerakkan rasa cinta yang menggebu-gebu. Rindu. Cinta.Rasa cinta terhadap Allah, Rasulullah, Syeikh... Itu yang membuatbergetar rasa cinta. Tidak bisa diungkapkan dengan kata. Kalau Maspingin rasain, Mas rasain deh. Kalau awal-awal mual, kalau sekarangnggak. Kalau awal mungkin buat yang belajar, suka mual, muntah. Tapikalau sekarang, alhamdulillah gak pernah muntah.Penari lain, Iskandar, mengatakan tarian ini bisa menyembuhkanpenyakit-penyakit ringan.Iskandar: Katanya bisa untuk pengobatan. Salah satu teman saya,dulunya pernah sakit batuk, sudah lama. Tapi setelah dia ikutWhirling, batuknya sembuh sampai sekarang. Anaknya jadi gemuk. Sayakalau dibilang sakit, juga nggak. Paling sakit batuk. Saya dibilangin,makanya ikut whirling saja kamu, biar sembuh.Tarian Darwish Berputar ini biasanya dilakukan di Dzawiyah atau tempatdzikir penganut Tariqat Naqshabandi Haqqani Rabbani. Salah satunya diCinere, Jakarta Selatan. Selama bulan Ramadhan berlangsung setiapmalam, seusai shalat tarawih. Seratusan orang biasanya hadir. Merekaduduk melingkar, dipimpin salah satu guru mereka. Di tengah-tengahlingkaran itulah, tarian Darwish Berputar ini dilakukan oleh limasampai sepuluh orang. Diiringi lantunan dzikir.Suasana WhirlingTarian Darwish Berputar juga bisa dilakukan tanpa iringan dzikir,meski dorongannya mungkin tak lagi kuat. Tarian ini juga bisadilakukan dengan iringan musik bertemakan kecintaan kepada Tuhan.Misalnya Micki dan kawan-kawan yang kerap menari diiringi lagu LaskarCinta, nyanyian kelompok musik Dewa 19.Lagu laskar cintaArif masih punya keinginan besar untuk menyebarluaskan tarian DarwishBerputar dan sufisme. Salah satunya dengan memadukan tarian ini dengantarian Indonesia, misalnya tari saman. Selain itu juga denganmempopulerkan tarian ini di hotel maupun kafe.Menurut Arif, langkah itu dilakukan agar ajaran sufisme yang dibawakanRumi bisa disukai banyak orang.Arief Hamdani: Jadi kita ini memang diperintahkan untuk turun kejalan-jalan, kafe-kafe, mol, ke mana saja untuk berwhirling, karenadengan putaran whirling maka ruh akan dengan mudah kita tarik.Suasana tarianLalu apa sebenarnya ajaran sufisme? Sufisme dalam bahasa Arab disebutal-tashawwuf. Para ahli berbeda pendapat tentang asal usul kata ini.Ada yang berpendapat kata itu berasal dari bahasa Arab yang artinyajernih atau terpilih. Asalnya dari bahasa Arab shaffin, al-shafwah.Ada juga yang beranggapan kata sufi berasal dari kata shuf yangartinya domba. Dulu, kaum sufi umumnya mengenakan pakaian dari kulitdomba atau wol kasar, untuk melambangkan gaya hidup sederhana.Ada juga yang menduga kata sufi berasal dari kata ahlu al-shuffah,yaitu para sahabat nabi yang menempati salah satu pokok masjid Nabawidi Madinah. Mereka rajin beribadah, tidak menikah, miskin dan hanyamenyimak serta mencatat ajaran-ajaran Nabi. Selain itu ada juga yangberpendapat al-tashawwuf berasal dari kata Yunani sofia, yang beratikebijakan.Pengkaji tasawuf Ibnu Arabi, Guntur Muhammad Romli mengatakan kegiatanberdzikir dan beribadah hanyalah sebagian dari kehidupan para sufi.Seperti manusia biasa, seorang sufi juga mesti bekerja untuk mencukupikebutuhan sehari-hari.Guntur Muhammad Romli: Pandangan itu tidak benar kalau sufi hanyaidentik dengan berzikir atau beribadah di mesjid dan musholah saja.Karena kita mendapatkan banyak dari tokoh sufi yang juga memilikikegiatan di luar mesjid dan musholah. Salah satu yang saya contohkanadalah Abul Hasan Assazili. Ia adalah pendiri tariqat Ass Shidziliyah.Dia berperang melawan tentara sewaktu perang salib. Dan jugapergerakan kemerdekaan seperti di Sudan, Aljazair, dan Tunisia, danadalah pengikut tariqat yaitu dari ajaran sufisme. Memang sufimengajarkan tetap dalam berdzikir. Namun berdikir itu tidak hanyaberdzikir lafadz saja tapi dalam setiap dalam kehidupan sufi merekaselalu bersama dengan Tuhan.Lalu, apakah seorang sufi bisa dan boleh kaya? Tentu saja. Kembali,Guntur.Guntur Muhammad Romli: Ada doa Nabi yang diamalkan oleh para sufi, "YaAllah jadikanlah dunia itu di tanganku bukan di hatiku."Maksudnya parasufi menginginkan harta benda kekayaan, dia bisa kendalikan. Sesuatuyang dikendalikan dengan tangan bukan yang merasuk ke dalam hatinya.Banyak sufi yang kaya. Para pendiri tariqat seperti Abul HasanAssadzili. Dia memiki harta meskipun tidak berlimpah tapi dia mencukuppara murid-muridnya. Karena sufi itu kan orang yang gampang beramal,memberi tanggungan kepada pengikut, kepada masyarakat.Kaya ataupun miskin, ajaran yang ingin disebarluaskan sufisme adalahtoleransi dan cinta. Melalui sufisme, Islam diharapkan bisa diterimaoleh penganut agama lain, tanpa kekerasan.Presiden Direktur Rabbani Sufi Institut Indonesia, Arif Hamdani.Arif Hamdani: Kalau kita kenal di Indonesia pun ada Wali Songo yangmenyebarkan Islam. Sunan Kali Jaga menyebarkan islam dengan wayang,istilahnya ada senjata kalimasada, menyebarkan islam dengan kesenian.Sunan Ampel menciptakan lagu ilir-ilir; ini menyebarkan cinta juga.Para sufi menyebarkan Islam dengan kesenian.Memang, di Indonesia, ajaran sufisme sudah lama berkembang. Parasufilah yang mula-mula menyebarkan Islam di negara ini.Pengkaji tasawuf, Guntur Muhammad Romli.Guntur Muhammad Romli: Dan ini yang menunjukkan perbedaan antarakarakter keislaman di Indonesia dan Timur Tengah. Kalau Anda melihat,Islam di Timur Tengah, Islam masuk dengan perang, dengan penaklukan.Nah, karakter keras dalam keislaman di sana, terpengaruh oleh gayamasuknya Islam. Tapi di Indonesia, Islam masuk dengan suasana yang santun dan ramah, karena dibawa oleh para sufi. Sufi adalah orang yangberjiwa besar, mereka menyebarkan Islam dengan penuh toleran,persahabatan, pendekatan yang baik dengan masyarakat di Indonesia.Wajah Islam yang ramah dan toleran adalah wajah Islam yangdikembangkan oleh para sufi. Bukan dengan penggerebekan kafe,penyerbuan, penutupan tempat ibadah agama lain, bukan pula dengankekerasan.Suasana tarian whirlingDan lewat tarian Darwish Berputar juga, wajah Islam yang santun danramah disebarluaskan kepada semua orang.Wartawan KBR68h Budhi Kurniawan melaporkan untuk Radio NederlandWereldomroep di Hilversum.----------------------------------------------------------Radio Nederland Wereldomroep, Postbus 222, 1200 JG Hilversum
http://www.ranesi.nl/http://www.rnw.nl/
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment